Jakarta, 17/5 (ANTARA) - Festival Budaya Danau Sentani kembali akan digelar pada 19-23 Juni 2010 di kawasan Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Penyelenggaraan kegiatan festival yang menampilkan atraksi budaya dari kampung-kampung (Ondoafi) di sekitar Danau Sentani dan beberapa Kabupaten di Papua itu sekaligus untuk mensukseskan program Visit Indonesia.        Dalam penyelenggaraan Festival Budaya Danau Sentani (FBDS) yang tahun 2010 ini untuk ketiga kalinya itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura bertekad menjadikan Festival Danau Sentani menjadi atraksi pariwisata yang semakin menarik minat wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

     Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae, S.Sos, M.M  mengatakan, melalui kegiatan Festival Budaya Danau Sentani yang difasilitasi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) ini kita ingin menjadikan Jayapura sebagai kota budaya dan pariwisata di mana sejak tahun 2009 lalu telah ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia. Selain itu penyelenggaraan festival FBDS dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat setempat, menjadikan sebagai atraksi dan daya tarik dalam kegiatan kepariwisataan yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat," kata Habel Melkias Suwae bersama Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata DR. Sapta Nirwandar dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (17/5) sehubungan akan diselenggarakan festival tersebut.

     Menurut DR. Sapta Nirwandar, Festival Budaya Danau Sentani sejak penyelenggaraan pertama hingga ketiga telah dipromosikan ke berbagai event-event pariwisata internasional. "Pada festival FBDS tahun lalu kita promosikan antara lain di ITB Berlin. Respon masyarakat Eropa terhadap budaya dan daya tarik alam Papua sangat besar," kata Sapta Nirwandar.

     Menurut panitia penyelenggara, selama lima hari penyelenggaraan festival FBDS 2010 akan digelar serangkaian acara antara lain atraksi budaya menari di atas perahu yang diikuti ribuan peserta yang datang dari puluhan kampung adat (Ondoafi). Atraksi berperang di atas perahu, parade budaya di atas perahu dan di darat, upacara sakral masyarakat Sentani seperti penobatan Ondoafi, serta  pameran yang menampilkan produk unggulan dari berbagai kabupaten di Papua di antaranya cindera mata .

     Menbudpar Jero Wacik dalam berbagai kesempatan menyatakan, Festival Budaya Danau Sentani merupakan salah satu event unggulan yang masuk dalam calendar of event pariwisata nasional yang diharapkan mendorong masyarakat Indonesia lebih mencintai berwisata di dalam negeri yang digelorakan melalui  program Kenali Negerimu Cintai Negerimu (KNCN).

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata


Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010