Washington (ANTARA News) - Perusahaan raksasa asuransi Amerika Serikat, AIG, telah setuju membayar 725 juta dolar untuk menyelesaikan tuduhan penipuan pasar yang dibawa oleh tiga dana pensiun Ohio, jaksa agung negara itu mengatakan Jumat.

"Penyelesaian tuduhan penipuan AIG meliputi banyak hal dari Oktober 1999 sampai April 2005 yang melibatkan divisi anti-persaingan pasar, pelanggaran akuntansi dan manipulasi harga saham," kantor pengacara umum Richard Cordray mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP.

Cordray menyatakan penyelesaian class action sebuah kemenangan untuk "guru, pemadam kebakaran, polisi, dan pegawai negeri," yang "dirugikan oleh kesalahan AIG."

Perusahaan ini dituduh melakukan penipuan akuntansi yang dirancang untuk meningkatkan cadangan AIG untuk menutup klaim, skema tawaran-tali-temali dengan pialang asuransi dan eksekutif memerintahkan pedagang untuk melakukan penggelembungan harga saham AIG.

Cordray mengatakan, itu adalah penyelesaian class-action sekuritas 10-terbesar dalam sejarah AS.

Ini adalah pukulan terbaru untuk perusahaan yang membutuhkan hampir 70 miliar dolar dana talangan pemerintah untuk tetap bertahan setelah krisis subprime mortgage.

Awal minggu ini Harvey Golub mengundurkan diri sebagai ketua dewan direksi, di tengah desas-desus tentang perselisihan antara para eksekutif puncak di perusahaan.

Jika denda pengadilan memenangkan persetujuan, itu berarti investor AIG berhak sedikit lebih dari satu miliar dolar sebagai kompensasi, termasuk penyelesaian dengan mitra AIG, General Reinsurance Corporation, PricewaterhouseCoopers dan mantan CEO AIG Maurice "Hank" Greenberg, kata pernyataan itu.

C/O001

(Uu.SYS/B/A026/C/O001) 17-07-2010 08:44:57

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010