Banjarnegara (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan pemerintah segera menggelar operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga.

"Operasi pasar sudah diperintahkan. Jadi operasi pasar sekarang sudah diubah, yakni tidak perlu lagi menunggu adanya perbedaan harga sampai 10 persen," katanya, Minggu sore.

Hal itu dikatakannya usai menghadiri kegiatan Menteri Menyapa Desa yang digelar oleh Gerakan Masyarakat Pecinta Pembangunan Desa Nusantara (Gempita Nusantara) di Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Akan tetapi jika trennya naik, kata dia, Bulog diberi kewenangan untuk segera melaksanakan operasi pasar.

Menurut dia, beberapa daerah telah memulai operasi pasar ini."Kalau dulu operasi pasar digelar atas permintaan bupati atau gubernur, sekarang tidak," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah berusaha menjaga stabilitas harga sehingga harga beras saat ini sudah mulai normal.

"Tetapi memang yang agak berat itu cabai karena kita mengalami musim yang berubah. Ini yang agak berat, musim yang tadinya kemarau jadi hujan sehingga mengalami gangguan produksi," katanya.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga berusaha agar tidak ada spekulan yang bermain. Dalam hal ini, lanjutnya, Menteri Perdagangan telah turun untuk berdialog dengan para pedagang besar.

Dia mengakui jika selalu ada orang-orang yang berspekulasi memanfaatkan momentum harga saat ini.

"Untuk itu kita meminta mereka jangan melakukannya karena kasihan rakyat kita," katanya. (KR-SMT/Z003)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010