Pangkalpinang (ANTARA News) - Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih kekurangan 11 ribu pegawai negeri sipil (PNS) dari 19 ribu PNS yang ada saat ini.

"Berdasarkan standar kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat, rumus ideal untuk jumlah PNS di suatu daerah 2,5 persen dari jumlah penduduk yang ada dan untuk Babel idealnya 30 ribu," kata Sekretaris Daerah Babel, Imam Mardi Nugroho di Pangkalpinang, Senin.

Menurut dia, jumlah penduduk Babel sekarang sekitar 1,2 juta jiwa, jika dikalikan 2,5 persen adalah 30 ribu pegawai yang merupakan jumlah ideal PNS di provinsi itu.

"Jumlah keseluruhan PNS Babel saat ini baru mencapai 19 ribu, jumlah itu masih jauh dari jumlah ideal yang ditetapkan pemerintah saat ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini Pemprov Babel terus berupaya untuk memenuhi kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat terhadap jumlah PNS di provinsi.

"Kami terus menaikkan formasi untuk penerimaan PNS Babel, hingga tercapai jumlah ideal sesuai yang ditetapkan oleh BKN," katanya.

Imam menambahkan, jika nanti kuota PNS Babel sudah mencukupi dari jumlah standard yang ditentukan, baru pemerintah pusat akan menurunkan jumlah penerimaan CPNS di daerah itu.

"Sekarang ini kami masih banyak kekurangan PNS sehingga masih membutuhkan banyak formasi dan kami akan berupaya mencapai jumlah ideal PNS di Babel ini," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya kekurangan sebanyak 19 ribu PNS itu akan membuka peluang bagi masyarakat Babel untuk menjadi pegawai negeri.

"Ini tentunya menjadi peluang yang besar bagi masyarakat Babel untuk menjadi PNS dan kami akan terus berupaya untuk menambahkan formasi penerimaan PNS setiap tahun untuk mencapai kuota yang sudah ditentukan BKN," katanya.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010