Jakarta (ANTARA News)- Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel berjanji akan meningkatkan hubungan bilateral negaranya dengan pemerintahan di Jakarta.

Ia juga mengatakan akan berusaha selama masa tugasnya di Indonesia, pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk terus memperbaiki iklim investasi, sehingga pengusaha asing semakin tertarik menanamkan modal di Indonesia, sebagaimana dikutip dari AFP.

Scot Marciel, yang merupakan salah satu diplomat senior AS di kawasan Asia Tenggara ditunjuk Presiden AS Barack Obama untuk bertugas di Jakarta karena Washington semakin menganggap Indonesia, yang merupakan negara paling banyak penduduknya yang beragama Islam, sebagai salah satu mitra utamanya.

Scot Marciel telah ditanyai oleh para anggota Senat AS sehingga ia diharapkan akan segera disetujui sebagai Dubes AS untuk Indonesia menggantikan Cameron Hume.

"Indonesia dan Amerika Serikat memang telah memiliki hubungan yang erat. Namun banyak hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan hubungan bilateral, sehingga hubungan itu menjadi semakin bermakna," kata Marciel.
(A011/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010