Jakarta (ANTARA News) - PT Liga Indonesia menetapkan Stadion Gelora Putra Sidoarjo sebagai tuan rumah babak semifinal hingga final Piala Indonesia (PI) 2010, bukan seperti wacana sebelumnya yaitu Stadion Manahan Solo.

CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono di Jakarta, Kamis, saat dikonfirmasi membenarkan jika babak semifinal hingga final PI digelar di markas klub Deltras Sidoarjo itu.

"Sebenarnya agenda tidak berubah. Liga sejak awal sudah menyiapkan Sidoarjo sebagai opsi pertama venue semifinal sampai final. Solo statusnya hanya stadion pengganti bila gagal digelar di Sidoarjo," katanya.

Menurut dia, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, babak semifinal akan digelar tanggal 27-28 Juli. Untuk perebutan posisi ketiga tanggal 30 Juli dan babak final tanggal 1 Agustus mendatang.

Saat ini, kata dia, semua hal yang menyangkut masalah penyelenggaraan pertandingan telah dipersiapkan. Dengan demikian tinggal menunggu pelaksanaannya.

"Sejak awal kan sudah diputuskan di sana. Tapi, status Stadion Manahan tetap siaga kalau-kalau batal digelar di Sidoarjo. Pemindahan ke Solo cukup fair, meski sempat terkendala perizinan," katanya menambahkan.

Sementara itu, Head of Acquition RCTI Dini Putri selaku televisi yang akan menyiarkan pertandingan secara langsung mengaku perubahan lokasi pertandingan baru diketahui hari ini.

"Skenario awal, semifinal digelar di Solo. Tapi, itu diubah lagi. Kami baru dikonfirmasi hari ini. Alasan pemindahan, Polda Jawa Tengah sulit memberikan izin bila laga digelar pukul 20.00 WIB. Kondisi ini menyulitkan. Kami harus melakukan set up," katanya saat dikonfirmasi.

Meski pengurusan ijin telah tuntas, kata dia, namun demikian berpontensi terjadi masalah baru karena suhu di Sidoarjo sedang meninggi terkait status penghitungan suara pemilukada.

"Izin menggelar final di sana memang sudah keluar. Tapi, kami masih ragu. Pilkada Sidoarjo masih menunggu proses penghitungan suara. Apa bisa menggelar laga final, meski suhu politik sedang tinggi? Kami tidak berharap hal buruk akan terjadi," katanya menegaskan.

Sebagaimana diketahui empat klub yang akan bertanding di babak semifinal telah diketahui yaitu Sriwijaya FC Palembang melawan Persipura Jayapura, Selasa (27/7) dan Arema Indonesia melawan Persik Kediri, Rabu (28/7). (*)
(T.B016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010