Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berpartisipasi dalam kegiatan pelayaran Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari dalam rangka Sail Banda 2010 dengan memberangkatkan 37 peserta.

"Mereka terdiri dari 33 remaja SMP dan SMA, serta 2 orang mahasiswa dan 2 orang staf LIPI sebagai pendamping," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) LIPI, Dr. Ir. Hery Harjono dalam siaran pers yang disampaikan di Jakarta, Jumat.

Menurutnya para peserta akan berlayar dengan menggunakan kapal KRI MKS-590 dengan rute perjalanan Jakarta-Makasar-Ambon-Jakarta dan pelayaran akan berlangsung dari tanggal 23 Juli hingga 10 Agustus 2010.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi bahari atau maritim Indonesia sekaligus menciptakan rasa solidaritas di antara peserta dengan mengenalkan budaya dan bela negara.

"Selain itu, kegiatan tersebut juga memperkenalkan LIPI sebab para peserta akan diperkenalkan dengan koleksi terumbu karang milik LIPI dan Kapal Riset (KR) Baruna Jaya VI", ungkap Hery.

Dia menuturkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 608 peserta remaja maupun pendamping dan mereka berasal dari Kementerian Pemuda Olah Raga (Kemenpora), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Negara lainnya.
(ANT/A024)
 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010