Jakarta (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk meluncurkan program Komputer untuk Sekolah (KUS) untuk mendukung upaya pemerintah memeratakan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Nusantara.

Presiden Direktur XL, Husnul Suhaimi, di Jakarta Jumat mengatakan, program KUS bertujuan membantu sekolah di daerah secara komprehensif dan berkelanjutan untuk bisa memaksimalkan proses pendidikan dan mengejar ketertinggalan melalui fasilitas komputer serta jaringan Internet pendidikan.

"Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dapat membantu kita dalam menjembatani kesenjangan kualitas pendidikan antara sekolah yang maju di perkotaan dengan sekolah minim fasilitas di luar kota," katanya setelah peluncuran XL Komputer bersama Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh.

Program KUS merupakan program terintegrasi dan berkelanjutan selama lima tahun berupa pemberian donasi komputer untuk sekolah disertai dengan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan TIK bagi para pengajar serta jaringan internet.

"Program ini kini menjadi semakin strategis setelah pemerintah memasukkan TIK dalam kurikulum pendidikan tingkat SLTP dan SLTA," imbuhnya.

Ia menambahkan, tahun ini XL akan menyalurkan donasi pendidikan ini sekurangnya 60 sekolah SLTP dan SLTA di 10 provinsi, dengan menyiapkan 200 unit komputer, minimal 3 unit komputer untuk setiap sekolah.

Selain itu, XL menyiapkan koneksi internet di sekolah-sekolah, dan menjalin kerjasama dengan Yayasan Nurani Dunia, SUN Microsystem, Huawei, dan Indologistic.

Ia menjelaskan, untuk memastikan program ini sesuai sasaran, XL melakukan evaluasi secara komprehensif atas pemanfaatan donasi oleh sekolah-sekolah penerimanya, dan pelatihan kepada guru secara lebih intensif menjadi salah satu sarana memaksimalkan donasi.

"Akan ada pendamping bagi para guru untuk memastikan aplikasi hasil pelatihan bisa benar-benar diterapkan dalam proses belajar mengajar," imbuhnya.

Menurut dia, KUS merupakan bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) XL yang berfokus pada bidang pendidikan dan bertema Indonesia Berprestasi.

Program CSR pendidikan lainnya dari XL, antara lain donasi pendidikan dalam bentuk tema baca, juga donasi komputer dan sarana pendidikan bagi lembaga pendidikan informal khususnya untuk anak-anak terlantar dan anak jalanan, serta XL mendonasikan perpustakaan keliling di sejumlah daerah, dan mengkampanyekan program internet sehat baga para pelajar.

Sementara itu, Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh, mengatakan dalam rangka HUT Hari Anak Nasional, XL telah membantu program pemerintah dalam memeratakan kualitas pendidikan di Indonesia dan mewujudkan internet sehat.

(ANT-135/B012/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010