Bengkulu (ANTARA News) - Gubernur Bengkulu Agusrin Maryono Najamudin mengatakan akan mengusulkan jalur penerbangan internasional bagi Bandara Fatmawati Bengkulu.

Bandara Fatmawati Bengkulu sudah memenuhi syarat untuk disinggahi penerbangan Internasional, walalu masih ada beberapa sarana yang disempurnakan, katanya di Bengkulu, Senin.

"Saya optimis usulan itu akan terwujud karena dalam waktu dekat maskapai Garuda Indonesia akan segera menerbangi dan mendarat di Bandara Fatmawati-Sukarno Bengkulu," katanya.

Selain itu, katanya, maskapai komersil Lion telah menambah jumlah penerbanganya dari satu kali menjadi dua kali dalam sehari, dengan demikian setiap hari penerbangan Bengkulu-Jakarta mencapai 14 kali. Hal itu didukung beberapa maskapai penerbangan antara lain perusahaan Mandala, Batavia, Sriwijaya dan Lion air.

Langkah awal gubernur telah menyiapkan ruangan sebagai perwakilan dari negara yang disinggahi nanti, sehingga mempermudah penumpang yang ingin mengurus surat-surat imigrasi kewarganegaraan dalam satu tempat saja.

Jalur penerbangan awal cukup untuk negara-negara terdekat saja, seperti Asia Tenggara, Asia hingga jalur internasional. Saat ini Warga Negara Asing yang ingin berkunjung ke Bengkulu harus transit terlebih dahulu di Jakarta dan Palembang, selanjutnya  ke Bengkulu.
(ANT/A024)
 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010