Paris (ANTARA News/AFP) - Operator pasar saham Paris NYSE Euronext pada Senin mengatakan, pihaknya akan membuat papan perdagangan elektronik pan-Eropa untuk obligasi korporasi.

Seorang juru bicara mengatakan papan NYSE Euronext akan diluncurkan di kuartal pertama 2011.

Regulator pasar Prancis CMA tahun lalu mencatat dalam laporan bahwa hanya 10 persen dari transaksi di pasar sekunder obligasi dilakukan pada papan negosiasi, dengan sisanya merupakan produk kesepakatan bersama antara satu investor dan lainnya.

Akibatnya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai Komite Cassiopeia dibentuk untuk mempertimbangkan pembentukan papan perdagangan obligasi korporasi.

Sebuah papan atau anjungan menyediakan infrastruktur untuk presentasi terorganisir harga permintaan dan penawaran, untuk transaksi menjadi dieksekusi, untuk data dasar perdagangan menjadi tersedia, dan untuk mendukung transaksi kliring menjadi aktif.

NYSE Euronext mengatakan, pihaknya operator pertama yang menanggapi spesifikasi yang dikeluarkan oleh komite April lalu.

"Papan baru akan terbuka untuk semua lembaga yang berwenang untuk beroperasi di Eropa dan mencari untuk perdagangan, kalangan profesional, obligasi dengan bunga fix dan floating dalam denominasi mata uang euro dan diterbitkan oleh penerbit non-pemerintah," operator mengatakan dalam sebuah pernyataan.  (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010