Madrid (ANTARA News/AFP) - Empat bank tabungan daerah Spanyol selamat dari "stress test" (uji ketahanan) pada kemampuan untuk menghadapi krisis hanya dengan bantuan negara, di samping lima bank yang gagal, laporan pers di Jakarta, Senin.

Tanpa menghitung bantuan negara, sembilan bank bukan hanya lima, secara keseluruhan akan gagal, kata laporan itu.

Lima bank seperti itu dianggap telah gagal tes, menurut hasil yang dirilis pada Jumat oleh Komite Pengawas Perbankan Eropa (CEBS).

Jika uang negara Spanyol tidak dihitung sebagai bagian dari modal mereka, empat bank lainnya akan dianggap kekurangan modal dan tidak siap untuk menghadapi krisis keuangan baru, kata laporan itu.

Secara keseluruhan, tujuh bank Eropa, lima di Spanyol dan masing-masing di Jerman dan Yunani, gagal stress tes.

Berdasarkan prosedur pengujian bank sentral Spanyol, bank pemberi kredit diizinkan untuk menghitung dana yang diterima dari negara pada 2009 sebagai bagian dari modal mereka.

Jumlah bantuan yang tersedia sampai saat ini adalah 10,58 miliar euro (13,7 miliar dolar), menurut Bank of Spanyol (Bank Sentral Spanyol).

Bank-bank Spanyol turun relatif tipis dari krisis subprime mortgage tahun lalu, karena aturan ketat negara itu berarti mereka tidak melakukan investasi besar di pinjaman berisiko tinggi yang menganggu lembaga keuangan tempat lain.

Tapi banyak, bank tabungan kecil biasanya tidak terdaftar dikendalikan oleh politisi daerah, parah terkena runtuhnya booming pasar properti, baik melalui pinjaman kepada pengembang maupun hipotik.

Akhir-akhir ini ada gerakan konsolidasi antara bank-bank tersebut untuk menopang keuangan mereka. (A026/K0040)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010