Frankfurt (ANTARA News) - Bank terbesar Jerman, Deutsche Bank, pada Selasa mengatakan, membukukan laba bersih kuartal kedua sebesar 1,2 miliar euro (1,56 miliar dolar AS), naik dari 1,1 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan ini sebagian hasil kegiatan konsolidasi dari akuisisi baru dan penurunan tajam pencadangan kuartalan untuk kerugian kredit, yang jatuh dari satu miliar euro menjadi 243 juta euro, kata sebuah pernyataan.

Sementara itu, segmen klien swasta dan bisnis bank menyampaikan hasil terbaik triwulanan sejak puncak krisis keuangan, demikian catatan Deutsche Bank yang dikutip AFP.

"Ini menunjukkan kekuatan diversifikasi portofolio bisnis kami," kata bank mengutip pernyataan ketua bank Josef Ackermann.

Namun, pendapatan bersih kelompok perbankan ini tergelincir pada kuartal kedua menjadi 7,2 miliar euro dari 7,9 miliar euro pada periode yang sama 2009.

Itu sebagian karena biaya sekitar 270 juta euro pada kegiatan commercial paper (kertas berharga), lainnya 124 juta euro pada properi yang bersifat perjudian dan penurunan bersih 57 juta euro pada aktiva lain, kata pernyataan itu.

Untuk enam bulan pertama 2010, Deutsche Bank melaporkan pendapatan sebesar 16,2 miliar euro, naik dari 15,2 miliar euro pada 2009.

Bank menyatakan memiliki setara modal inti menjadi 11,3 persen dari total aset.

Dalam "stress test" (uji ketahanan) yang dilakukan pada 91 bank-bank Eropa besar, diperlukan rasio 6,0 persen bila memperhitungkan hipotetis resesi ekonomi bersama dengan penurunan tajam pada pinjaman dan investasi dalam saham dan obligasi pemerintah.
(Uu.A026/A023/P003)

Pewarta: De
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010