Toronto (ANTARA News) - Penayangan perdana film garapan sutradara Robert Redford dan Emilio Estevez termasuk di antara sorotan dalam Toronto International Film Festival (TIFF) tahun ini, yang akan menampilkan barisan film yang lebih ramping dibandingkan tahun lalu.

Edisi ke-35 tersebut akan menayangkan sebanyak 290 film, di bawah kebiasaan khas sebanyak 350 judul, kata sutradara dan CEO festival itu, Piers Handling, Selasa (26/7), sebagaimana dikutip dari Reuters.

Pada acara 2009, sebanyak 312 film ditayangkan, saat industri film independen diguncang resesi.

Penurunan tersebut mengakibatkan langkanya kesepakatan distribusi tahun lalu, dan pengawas industri mencari tanda bahwa kegiatan usaha itu sekarang sudah membaik.

Handling mengatakan dia sudah melihat kenaikan dalam pendanaan film.

"Keadaan kembali ke tempatnya dua tahun lalu," kata Handling setelah taklimat. Dalam pertemuan tersebut dia dan sesama sutradara Cameron Bailey mengungkapkan daftar 50 film, separuhnya akan melakukan penayangan perdana di Toronto.

TIFF, yang diluncurkan pada 1976, sekarang sejajar dengan fetival lain seperti Cannes dan Sundance, dan menjadi titik pendaratan bagi film internasional yang berusaha memasuki Amerika Utara. Festival tersebut juga memiliki catatan kuat untuk mendongkrak film yang akan mencapai keberhasilan di Academy Awards.

Festival itu akan menayangkan film yang dibintangi oleh Nicole Kidman, Ewan McGregor, Paul Giamatti, Robert DeNiro dan bintang lain. Sekalipun barisan tersebut agak lebih ramping dibandingkan dengan yang diputar tahun lalu, acara itu tetap saja akan berlangsung selama 11 hari, ketika di buka 9 September, satu lagi yang tidak biasa.

"Ini akan memberi pemirsa kesempatan untuk menemukan permata tersembunyi yang telah lolos dari perhatian mereka," kata Bailey kepada Reuters Life!

Premier gala tahun ini akan meliputi film Robert Redford "The Conspirator", yang bercerita seputar pembunuhan Abraham Lincoln; film George Hickenlooper "Casino Jack", yang juga menampilkan bintang Kevin Spacey sebagai pelobi Washington yang dihukum Jack Abramoff; dan film Estevez "The Way", yang dibintangi oleh ayah sutradara tersebut, Martin Sheen.

Di antara film Kanada yang ditawarkan, festival tersebut akan mengangkat tirai buat "Score: A Hockey Musical", dan juga akan menampilkan film Richard J. Lewis yang sangat dinantikan "Barney`s Version", yang dibintangi oleh Giamatti dan Dustrin Hoffman. Film itu diadaptasi dari novel Mordecai Richler.

Acara itu secara khusus menarik para bintang film dan sutradara ke Toronto, serta lebih dari 1.000 insan media kenamaan, serta sejumlah utusan dan pelaksana film.

Festival tersebut akan membeberkan film lain pada Agustus, kata Handling.
(C003/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010