Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) menggelar Bursa Kerja atau Job Fair 2010.

Kegiatan tahunan ini dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 29 hingga 30 Juli di halaman Kantor Dinsosnakertrans Jalan Merdeka, Kota Bogor.

Menurut Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kerja Dinsosnakertrans, Nur Rohmaning kegiatan akan dibuka oleh Walikota Bogor, Diani Budiarto, nanti pada pukul 09:00 WIB.

Nur menjelaskan prosedur memasukan lamaran dalam Job Fair 2010 tersebut para pencari kerja dapat langsung datang mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

"Kegiatan ini gratis, siapa saja yang datang tidak dipungut biaya," kata Nur, disela-sela Kegiatan, Kamis.

Lebih lajut dijelaskannya, para pencari kerja yang berlatar pendidikan dari SLTP hingga S2 pun boleh berlega hati. Karena Job Fair kali ini latar belakang pendidikan yang dibutuhkan beragam.

"Jika ada yang pendidikan tingkat SD tetapi memiliki keterampilan lebih, seperti pandai menjahit silakah datang melamar," jelasnya.

Nur menambahkan, para pencari kerja hanya perlu membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi ijasah, pas foto, KTP, lamaran kerja dan daftar riwayat hidup.

Tips untuk pencari kerja, agar efisien, semua persyaratan disiapkan dalam satu map dengan membuat beberapa rangkap. Karena banyaknya lowongan dalam bursa kerja kali ini.

Job Fair 2010 diikuti oleh 40 perusahaan dari berbagai bidang, seperti perbankkan, rumah sakit, dan bidang-bidang lainnya.

Salah satu contoh, Bank Panin Bogor yang membutuhkan 21 orang pegawai baru. Lowongan yang tersedia adalah security, teller, administrasi, customer service, account officer, dan collection.

Latar pendidikan yang dibutuhkan dari level SMU hingga Sarjana. Jadi, persiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan dengan baik. Jangan lupa berpakaian yang sopan, karena tidak jarang ada sejumlah perusahaan yang langsung melakukan wawancara di tempat, ujar Nur.
(ANT/A024)
 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010