Jakarta (ANTARA News) - Western Digital Corp mengumumkan kinerja keuangan untuk tahun fiskal 2010 dan kuartal keempat yang berakhir pada 2 Juli lalu melalui siaran persnya, Kamis.

Pada tahun fiskal 2010, pendapatan WD meningkat 32 persen, sementara laba operasional naik 194 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Meskipun permintaan pada kuartal Juni lebih rendah dari perkiraan, tahun fiskal 2010 merupakan tahun dengan pertumbuhan dan profitabilitas yang signifikan untuk Western Digital," kata John Coyne, president dan chief executive officer WD.

Pada kuartal tersebut, pendapatan total mencapai 2.4 miliar dolar AS, pengiriman hard drive mencapai 49,7 juta dan laba bersih mencapai 265 juta dolar, atau 1,13 dolar per saham.

Pada kuartal yang sama tahun lalu, perusahaan ini meraih pendapatan sebesar 1.9 miliar dolar dengan pengiriman 40.0 juta unit hard drive, dan melaporkan laba bersih sebesar 196 juta dolar.

Pada tahun fiskal 2010, WD membukukan pendapatan sebesar 9,8 miliar dolar dan laba bersih 1,4 miliar dolar, atau 5,93 dolar per saham, sementara pada tahun sebelumnya perusahaan ini membukukan pendapatan 7,5 miliar dolar dengan laba bersih 470 juta dolar.

Laba bersih 2009 termasuk biaya riset dan pengembangan dalam proses 14 juta dolar terkait akuisisi SiliconSystems Inc, biaya restrukturisasi 112 juta dolar dengan manfaat pajak sebesar 4juta dolar, dan pendapatan sebesar 18 juta dolar dari penjualan fasilitas pabrikasi substrat.

"Kami fokus pada kebutuhan pelanggan, kualitas, harga yang terjangkau, dan efisiensi aset yang tinggi di pasar-pasar pertumbuhan tertinggi, kami percaya WD memiliki posisi kuat untuk terus menciptakan pertumbuhan yang terjaga dan menguntungkan," katanya.

Western Digital, salah satu perintis dan pemimpin yang lama berkecimpung di industri peranti penyimpanan, menyediakan produk dan layanan bagi perorangan dan organisasi/perusahaan yang mengumpulkan, mengelola dan menggunakan informasi digital.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010