London (ANTARA News) - Untuk persiapan RUU Perumahan, Komisi V DPR RI dipimpin Mulyadi dari F-PD dan Muhidin M. Said dari F-Golkar bersama 13 anggota delegasi lainnya mengunjungi Wina, Austria, selama empat hari.

Kunjungan yang difasilitasi KBRI/PTRI Wina itu bertujuan mencari pengalaman kebijakan perumahan sebagai bandingan bagi penyusunan RUU Perumahan di Indonesia, demikian Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Wina Djati Ismojo, Jumat.

Delegasi DPR ini terdiri dari F-Demokrat, F-Golkar, P-PDIP, F-PKS, F-PAN, F-PPP, F-PKB, F-Gerindra, dan F-Hanura.

Menurut Dubes RI untuk Austria, I Gusti Agung Wesaka Puja pilihan Komisi V DPR ke Austria adalah langkah tepat mengingat kebijakan perumahan negara tersebut sudah mapan.

"Austria mampu memperlihatkan secara konsisten pengelolaan housing policy (kebijakan perumahan) yang mencerminkan family type of welfare regime (keluarga kesejahteraan) dengan sentuhan paradigma corporatisme (keperusahaanan)," ujarnya

Selama di Austria, Komisi V menemui pengelola Socially Supported Housing Facility dari Vienna Social Fund, Mrs.Christine Petioky, Menteri Ekonomi Provinsi Federal Upper Austria, Mr.Viktor Sigl,

Selain itu juga bertemu dengan Direktur Perumahan Upper Austria Wolfgang Modera serta berbicara dengan Ketua Komite Pertahanan Parlemen Austria, Brig. Gen. Dr. Peter Fichtenbauer dan Mr.Mussi Lukas, Liason Parlemen Austria.

Komisi V juga akan mengunjungi sejumlah kompleks perumahan seperti HausLeo dan LAWOG yang merupakan asosiasi perumahan non-profit pemerintah setempat.

ZG/AR09


Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010