Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Simon Santoso akan memperebutkan satu tempat di final Macau terbuka Grand Prix Gold dengan unggulan pertama Lee Chong Wei dari Malaysia, setelah keduanya meraih kemenangan di perempatfinal.

Simon yang menjadi unggulan keempat pada turnamen berhadiah 120.000 dolar AS tersebut, pada perempat final di Macau City, Jumat, memenangi pertarungan melawan pemain Hong Kong Wong Wing Ki dengan skor meyakinkan 21-6, 21-5.

Sementara pemain peringkat satu dunia Lee Chong Wei menyisihkan unggulan 15 Shon Wan Ho asal Korea untuk bertemu Simon di semifinal, Sabtu.

Rekor pertemuan kedua pemain adalah 5-1 untuk pebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei yang tahun ini sudah meraih lima gelar dari enam turnamen yang ia ikuti.

Namun satu-satunya kemenangan yang diraih Simon terjadi pada pertemuan terakhir mereka di Jepang Super Series 2009.

Pemain tunggal putri Adriyanti Firdasari untuk pertamakalinya mencapai semifinal tahun ini setelah mengalahkan pemain Jepang unggulan ketiga Eriko Hirose 21-17, 21-15.

Pada babak empat besar, Firdasari akan melawan pemain yang pernah mengalahkannya di Hong Kong Terbuka 2003.

Sebelumnya, pemain Taiwan tersebut memastikan tempat di empat besar dengan menyisihkan pemain Thailand Porntip Buranaprasertsuk 17-21, 21-11, 23-21.

Sementara itu, runner-up ganda campuran tahun lalu, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa yang menjadi unggulan teratas, mempertahankan peluang mereka untuk memperbaiki hasil tahun lalu dengan maju ke semifinal.

Pasangan tersebut mengalahkan pasangan Indonesia lainnya Muhammad Rijal/Debby Susanto 21-16, 21-19 untuk bertemu unggulan delapan Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam memperebutkan satu tempat di final.

Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan yang menjadi juara Malaysia Grand Prix Gold awal bulan ini, semakin dekat menuju gelar kedua beruntun dengan membukukan tempat di semifinal Macau.

Ganda putra yang peringkatnya kembali naik ke urutan dua dunia itu, menang atas pasangan Jepang Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno 21-11, 21-16 untuk bertemu dengan pemenang pertandingan antara Horiyuki Endo/Kenichi Kayakawa (Jepang) dan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (Korea).

"Kondisinya sedang enak, mudah-mudahan bisa mendapat gelar lagi," kata Kido usai pertandingan.(*)
(T.F005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010