Budapest (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Red Bull Sebastian Vettel mendominasi pelatihan bebas Grand Prix Hungaria, Jumat, sementara pembalap Ferrari Felipe Massa menempati posisi keempat.

Pembalap Jerman Vettel, yang akan mengincar posisi "pole" keempat secara beruntun pada Sabtu dan yang ketujuh pada musim ini, menjadi yang tercepat pada kedua sesi latihan dengan masing-masing waktu putaran tercepat 1:20.976 dan 1:20.087.

Rekan setimnya Mark Webber asal Australia menjadi yang tercepat kedua pada sesi pagi, dengan Red Bulls hampir menjadi yang tercepat untuk keduakalinya, namun pembalap Ferrari Fernando Alonso memisahkan pasangan tersebut pada sesi siang di sirkuit Hungaroring.

Pembalap Polandia Robert Kubica dari tim Renault masing mencatat posisi tercepat ketiga dan ketujuh.

Red Bull sejauh ini memulai 10 dari 11 balapan dari posisi start terdepan namun gagal memanfaatkan keuntungan mereka dalam kualifikasi itu di hari balapan.

Vettel sudah menang dua kali dan Webber tiga kali namun McLaren yang memimpin dengan Lewis Hamilton dan Jenson Button.

Juara dunia Button, yang merebut kemenangan Grand Prix pertama bersama Honda di Hungaria pada 2006, menjadi yang tercepat keempat pada sesi pagi sementara Hamilton di posisi ke-18.

Hamilton unggul 14 atas Button dengan sisa delapan balapan dengan Vettel terpaut tujuh poin lagi.

Pemimpin klasemen pembalap itu, yang dua kali jadi juara dalam tiga penampilannya di Hungaria, naik ke posisi keenam pada sesi siang.(*)
(I015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010