Cirebon (ANTARA News) - Jalur kereta api dari Cirebon ke Jakarta sudah normal setelah selama sehari mengalami gangguan karena KA Argo Anggrek anjolk di stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (30/7).

"Pemberangkatan KA baik Argojati maupun Cirebon Ekspres hari ini sesuai jadual, yakni pemberangkat pertama masing-masing pukul 05.45 WIB dan 06.15 WIB," kata Wakil Kepala Stasiun Besar Cirebon, M. Saleh, Sabtu.

Kereta terakhir dari Jakarta dengan tujuan Cirebon dan Berebes, Jumat malam, yakni KA Cirebon Ekspres terpaksa berangkat pukul 10.00 WIB dan tiba di Cirebon pukul 01.30 WIB.

"Kereta terakhir tersebut seharusnya berangkat pukul 19.30 WIB dan tiba di Cirebon pukul 22.30 WIB, berarti terlambat sekitar tiga jam," katanya.

KA Cirebon Ekpres tersebut hari ini, Sabtu (30/7) sudah berangkat lagi ke Jakarta. "Mudah-mudahan semua KA Argojati terdiri empat kereta dan Cirebon ekpres enam kereta berangkat dari Cirebon sesuai jadwal," katanya.

Rangkaian gerbong KA Argojati semua eksekutif, sedangkan Cirebon Ekspres gabugan antara eksekutif dan bisnis. "Kedua KA itu menjadi pilihan utama penumpang dari Jakarta ke Cirebon dan sebaliknya terutama saa weekend," katanya.

Sesuai jadwal "weekend" dari Jakarta ke Cirebon, Sabtu, biasanya penumpang padat. Begitu juga sebaliknya, penumpang akan kembali ke Jakarta pada hari Minggu sore dan Senin pagi, katanya.

Keterlambatan kereta juga terjadi dari arah Surabaya seperti KA Gumarang yang berangkat pukul 17.30 WIB dari stasiun Turi Surabaya yang mestinya tiba di Cirebon pukul 03.00 WIB, namun sampai pukul 09.00 belum juga sampai.

Seorang penumpang KA Gumarang dari Surabaya Dila yang dihubungi melaui Handphone mengatakan pukul 05.30 WIB kereta tersebut masih menuju Semarang.

"Mungkin KA Gumarang menuju Jakarta tersebut, baru tiba di Cirebon sekitar pukul 14.00 WIB," katanya.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010