Berlin (ANTARA News) - Pemain tengah Jerman Sami Khedira, yang berperan besar saat Jerman maju ke semifinal Piala Dunia, bergabung dengan Real Madrid dari VfB Stuttgart melalui kontrak lima tahun, kata klub tersebut, Jumat.

Pemain berusia 23 tahun, yang mempunyai ibu orang Jerman dan ayah Tunisia itu, dihargai 12 juta euro (15,7 juta dolar AS) oleh tim raksasa La Liga tersebut, demikian menurut laporan media Spanyol, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Ia adalah penambahan kekuatan keempat bagi pelatih baru Real Jose Mourinho setelah membeli pemain sayap Argentina Angel Di

Maria dan pemain tengah Spanyol Sergio Canales serta Pedro Leon.

Mourinho disewa untuk menggantikan Manuel Pellegrini pada akhir musim lalu setelah berakhir tanpa trofi dan klub tersebut berusaha mengakhiri keberhasilan saingan berat mereka Barcelona selama dua musim sebagai juara Spanyol dan memenangi gelar Liga Champions pertama sejak 2002.

Khedira melakukan debut internasionalnya dalam pertandingan persahabatan melawan Afrika Selatan September lalu dan tidak masuk tim Piala Dunia Jerman tetapi diberi kesempatan setelah cedera membuat kapten Michael Ballack absen dalam turnamen tersebut.

Ia membangun kerjasama yang mengesankan bersama Bastian Schweinsteiger ketika Jerman berakhir di urutan ketiga. Ia tampil 12 kali dalam tim nasional dan mencetak gol internasional pertamanya pada pertandingan playoff penentuan juara ketiga Piala Dunia melawan Uruguay.

VfB, tempat Khedira melakukan debut profesionalnya pada 2006, mengatakan mereka menyesalkan kepergiannya.

"Selalu sedih sekali membiarkan seorang pemain yang menentukan pertandingan dan dengan mudah diidentifikasi, seperti Sami Khedira pergi," kata direktur olah raga Stuttgart Fred Bobic.

"Sebaliknya, kami mampu memenuhi harapan Sami untuk melanjutkan karirnya di Real. Kami berharap dia sukses dengan tantangan barunya."
(F005/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010