Brasilia (ANTARA News/Reuters) - Dataran tinggi tengah Sri Lanka dan wilayah laut yang dilindungi di Hawaii, habitat beberapa tanaman dan spesies binatang yang terancam punah, telah ditambahkan pada daftar tempat Warisan Dunia UNESCO, kata badan PBB itu Sabtu.

Dataran tinggi tengah Sri Lanka dianggap sangat penting karena hutan asli itu merupakan rumah bagi macan tutul, binatang langka dan tumbuhan lainnya di Sri Lanka.

Lokasi laut Hawaii yang dikenal sebagai Papahanaumokuakea, adalah tempat anjing laut Hawaii dan burung langka yang terancam punah.

Tempat tersebut luasnya sekitar 140.000 mil persegi di Lautan Pasifik.

Tempat itu terisolasi ekosistem terumbu yang didominasi oleh  predator terkenal seperti hiu.

"Fitur ini telah hilang dari pulau yang sangat berbeda akibat aktivitas manusia lingkungan," kata Tim Badman, penasehat tinggi Perhimpunan Internasional untuk Pelestarian Alam.

Kelompok Badman adalah penasehat badan untuk Komite Warisan Dunia UNESCO dan bertugas memberi rekomendasi-rekomendasi kepada komite berdasarkan riset lapangan atas situs itu.

Komite UNESCO bertemu di ibu kota Brazilia, Brasilia.

Pada Jumat, komite mengumumkan bahwa Florida Everglades adalah satu situs Warisan Dunia yang terancam karena polusi dan kekurangan air.

(H-AK/S008)

Editor: Imansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2010