Los Angeles (ANTARA News) - Film impian Leonardo DiCaprio "Inception" merajai box office America Utara untuk akhir pekan ketiga pada Minggu, dan praktis menghalangi tiga pendatang baru yang dipelopori oleh komedi Steve Carell "Dinner for Schmucks" di nomor 2.

"Inception" menjual tiket dengan harga 27,5 juta dolar AS selama tiga hari mulai Jumat (30/7), sehingga perolehan totalnya jadi 193,3 juta dolar AS setelah tiga akhir pekan, kata distributor Warner Bros, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Unit Time Warner Inc menyatakan film tersebut tetap di jalurnya untuk mengumpulkan ambang 300 juta dolar AS.

"Dinner for Schumucks" mengikuti dengan perolehan 23,3 juta dolar AS, sejalan dengan harapan tapi turun dari permulaan 25 juta dolar AS buat film aksi Steve sebelumnya "Date Night" pada April.

Pembukaan itu "kokoh", kata Don Harris, Wakil Produser Pelaksana Distribusi di Paramount Pictures, Viacom Inc, yang meraih 63 juta dolar AS lewat proyek bersama dengan produser DreamWorks dan Spyglass Entertainment.

"Schmucks", yang mengumpulkan tinjauan bercampur-aduk, dibintangi oleh Steve Carell sebagai badut yang diundang ke satu pesta orang aneh yang dituan-rumahi oleh beberapa pengusaha kaya yang mengejek kebodohan. Paul Rudd ikut membintangi film tersebut, dan sutradara "Austin Powers", Jay Roach, mengarahkannya.

Film-film baru yang diluncurkan pekan lalu antara lain "Cat & Dogs: The Revenge of Kitty Galore" (12,5 juta dolar AS) dan "Charlie St. Cloud" (12,1 juta dolar AS), masing-masing menempati urutan ke lima dan enam.

"Salt" dengan aktris utama Angelina Jolie turun satu tingkat ke urutan nomor 3 dengan mengantongi 19,2 juta dolar AS, disusul dengan "Despicable Me", yang menghasilkan 15,5 juta dolar AS di urutan ke-4.

Film-film yang masuk 10 besar lain adalah : "Toy Story 3" (No. 7, dengan 5 juta dolar AS); "Grown Ups" (No. 8, 4,5 juta dolar AS); "The Sorcerer`s Apprentice" (No. 9, 4,3 juta dolar AS); dan "The Twilight Saga: Eclipse" (No. 10, 3,9 juta dolar AS).
(C003/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010