Tasikmalaya (ANTARA News) - Polisi menangkap dua orang tukang rongsokan yang diduga mencuri batang rel kereta api (KA) penyangga tanah longsor di Kampung Sukamulya, Desa Kamulyan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar.

Kapolsek Manonjaya AKP Nono Suyatno, kepada wartawan, Senin, mengatakan dua pencuri batang rel tersebut, Yanto Suyanto (45) dan Abdul Wahid (25), adalahtukang rongsokan keliling wilayah Tasikmalaya.

"Mereka berdua sudah kami tahan, untuk pemeriksaan hukum lebih lanjut," katanya.

Pencurian dilakukan Minggu malam (1/8) setelah direncanakan sebelumnya oleh kedua pelaku.

Mereka menjalankan aksinya dengan berjalan kaki menyusuri rel KA dan menemukan dua batang diantara tebing tanah pinggiran rel yang tampak tidak terpakai.

Kedua pelaku langsung memotong dua batang rel yang menonjol di atas permukaan tanah dengan cara menggergaji selama tiga jam.

Namun setelah batang rel siap diangkut, mereka kepergok warga setempat dan langsung melarikan diri, namun Yanto berhasil ditangkap warga.

Warga kemudian menyerahkan Yanto kepada polisi, sedangkan Abdul berhasil melarikan diri, namun akhirnya polisi berhasil menangkapnya di rumah orang tuanya.

Yanto, mengaku terpaksa mencuri untuk memenuhi kebutuhan biaya anak perempuannya yang sekolah di SMA Negeri di Kota Tasikmalaya, sedangkan Abdul untuk membayar hutang ke warung makanan sebesar Rp45 ribu.(*)

KR-FPM/Y008/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010