Yogyakarta (ANTARA News) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Kawasan Malioboro akan menyempprotkan air di sepanjang Jalan Malioboro sampai Jalan Ahmad Yani untuk menghilangkan bau pesing yang sering dikeluhkan pengunjung.

"Penyemprotan itu akan dilakukan oleh pihak ketiga, pemenangnya adalah PT Karya Manunggal Server dari Kabupaten Bantul," kata Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Malioboro Purwanto di Yogyakarta, Rabu.

Menurutnya, penyemprotan air dilakukan setiap hari hingga akhir tahun yang akan dimulai sebelum puasa. "Diharapkan saat bulan puasa Malioboro sudah bebas dari bau pesing," kata Purwanto.

Pihak ketiga juga akan menyikat tempat berbau pesing tersebut untuk kemudian menyemprotkan air yang telah dicampur kreolin atau pewangi.

Dana yang dikeluarkan untuk melakukan penyemprotan air bersih tersebut adalah sekitar Rp69 juta dan pihak ketiga berkewajiban menyemprot 180 kali.

"Artinya, pihak ketiga wajib melakukan penyemprotan setiap pagi hari. Itupun masih ada sisa kewajiban penyemprotan sekitar 26 kali," katanya.(*)

E013/R014/AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010