Jakarta (ANTARA News) - Ternyata musik tidak hanya bermanfaat untuk mengusir rasa jenuh saat kita menempuh perjalanan jauh. Musik juga berkhasiat untuk mengurangi stres, menghilangkan insomnia dan mengasah pikiran anda.

Musik bisa membuat kita menangis, membantu kita merasa tenang atau nyaman, atau mengilhami kita untuk melakukan sesuatu. Saat ini para peneliti mempelajari bagaimana musik dan suara berefek secara langsung dalam proses penyembuhan.

Majalah Natural Health menulis bahwa penelitian yang dilakukan University of Maryland School of Medicine tahun 2008 mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit anda selama 30 menit dapat membantu melepas endorphin untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stres yang dinyatakan dapat membebani sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan.

Endorphin adalah substansi yang menyebabkan kita merasa senang, bahagia dan melakukan aktivitas gerak lebih banyak.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Seattle di Washington menunjukkan bahwa mendengar musik Mozart selama 12 menit dalam tiga kali seminggu bisa merendahkan tekanan darah.

Para peneliti mengatakan saat anda mendengar musik dan suara, jantung anda berdetak, bernafas, dan gelombang otak melambat atau meningkat sebagai respon atas apa yang anda dengar.

Tubuh anda selaras dengan suara dan hasilnya relaksasi yang meningkat, detak jantung anda melambat, otot-otot tidak tegang, dan tubuh anda melepaskan endorphin senang atau meningkatkan tingkat energi, tergantung pada irama.

Berikut ini adalah terapi yang bisa anda lakukan untuk anda yang mengalami stres, insmonia atau ingin mempertajam pikiran anda.

Gunakan Garpu Tala dan Gong Untuk Mengurangi Stres
Menurut Jonathan Goldman, penulis "The Seven Secrets of Sound Healing", instrumen seperti garpu tala dan gong bisa menenangkan sistem saraf yang terlalu tegang. Garpu tala menciptakan suara yang menenangkan saat anda memukul gong, dan membunyikan garpu tala. Gunakan peralatan ini sesering mungkin. Kunjungi situs www.healingsounds.com, www.biosonics.com, www.crystaltones.com untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai terapi suara.

Menghilangkan Insomnia dengan CD (Compact Disc) Penyembuhan Joshua Leeds, penulis buku "The power of Sound" menciptakan CD dengan musik, spesial efek, dan suara dari dunia alam untuk meningkatkan berbagai kegiatan, seperti tidur.

Belajar Bermain Alat Musik Untuk Mengasah Pikiran. Penelitian menunjukkan bahwa bermain alat musik setiap hari bisa menjaga otak anda tetap muda dan lembut.

Bermain alat musik juga bisa membantu mengurangi ketegangan karena tubuh anda benar-benar menyatu dengan energi lembut dari instrumen. Bermain alat musik selama lima menit bisa menghilangkan ketegangan dan pikiran yang kalut.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010