Jakarta (ANTARA News) - Dua pembalap nasional, Tonton Susanto dan Ryan Ariehaan, dipastikan tidak bisa tampil dalam Tour de Indonesia yang akan digelar 24 Oktober hingga 4 November mendatang.

"Pagelaran Asian Games XVI dan Tour de Indonesia waktunya sangat dekat, dengan begitu Tonton dan Ryan tidak bisa turun di lomba balap sepeda jalan raya Jakarta-Bali tahun 2010," jelas Wakil Ketua Umum PB ISSI, Sofyan Ruzian, di Jakarta, Sabtu.

Sebelum bertolak ke Guangzhou November mendatang, kedua pembalap terbaik Indonesia itu berlatih di Belanda mulai 15 Agustus. Melalui pertimbangan itulah, tim nasional Indonesia di Tour de Indonesia nanti tidak diperkuat Tonton dan Ryan.

Sofyan menjelaskan, tim nasional untuk lomba balap sepeda jalan raya akan diperkuat atlet yang dipromosikan ke SEA Games XXVI Jakarta tahun 2011. Melalui tour itu pula PB ISSI memantau atlet yang bisa dijaring masuk Pelatnas SEA Games XXVI Jakarta.

Sebagai tuan rumah PB ISSI akan mempersiapkan atletnya seoptimal mungkin. Dengan harapan bisa tampil juara umum di cabang balap sepeda. Cabang balap sepeda nasional masih disegani lawan dikawasan ASEAN. Kondisi itu yang membuat PB ISSI bekerja ekstra keras mempersiapkan atletnya.

Diakuinya, persiapan menuju SEA Games XXVI seharusnya memerlukan waktu yang panjang sekitar dua tahun. Namun PB ISSI akan berusaha semaksimal mungkin meski Pelatnas tim SEA Games belum dimulai. Karena atlet yang dipromosikan ke Asian Games bisa memperkuat tim nasional lagi di SEA Games.

Walau tidak diperkuat atlet Pelatnas Asian Games XVI di Tour de Indonesia, namun ia optimis para pembalap nasional akan berpacu semaksimal mungkin mengimbangan pembalap asing.

Melalui persaingan ketat dalam tour Jakarta - Bali katanya, dapat memompa semangat juang atlet nasional ketika diturunkan di SEA Games XXVI di Jakarta tahun 2011.

Mendapat lawan yang prestasinya lebih bagus paparnya, selain memacu semangat pembalap nasional, juga mencontoh disiplin tinggi saat tampil dalam pertandingan. Melalui dua fungsi tersebut akhirnya tour de Indonesia tahun 2010 digelar mulai Oktober hingga November.

Dengan waktu sekitar satu tahun menuju SEA Games XXVI, para pembalap nasional yang terjaring masuk Pelatnas SEA Games memiliki pengalaman menghadapi lawan yang datang dari kawasan ASEAN 2011 mendatang.

(ANT-131/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010