Pekalongan (ANTARA News) - Jajaran Brimob Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap mengamankan 35 titik jalur lintasan kereta api dari Kabupaten Batang hingga Brebes menjelang arus mudik Lebaran 2010.

Kepala Detasemen Brigadir Brimob Pekalongan AKBP Sudiyana di Pekalongan, Minggu, mengatakan masing-masing titik atau pos akan diperkuat enam sampai 14 personel.

"Semua personel yang bertugas dalam pengamanan arus mudik Lebaran, nantinya akan berpatroli untuk mengawasi kondisi rel yang akan dilewati KA," katanya.

Selain itu, kata dia, personel Brimob juga akan melakukan pengecekan terhadap keberadaan kondisi rel apakah ada yang rusak atau tidak.

Menurut dia gelar operasi tersebut sebagai upaya mengantisipasi adanya tindakan sabotase oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Selama ini, sejumlah kejadian di jalur lintasan KA sepanjang Kabupaten Batang hingga Brebes akibat kondisi rel yang belum sempurna. Namun, untuk tindak sabotase belum ada," katanya.

Ia mengatakan untuk persiapan menjalankan tugas pengamanan Lebaran, saat ini para personel Brimob melakukan latihan fisik secara rutin.

"Semua personel Brimob harus siap siaga dalam menjalankan tugas. Oleh karena itu semua personel harus dalam kondisi fisik yang bagus," katanya.(*)
(U.KR-KTD/Z003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010