Pagaralam, Sumsel (ANTARA News) Sebanyak 75 kendaraan yang dihiasi berbagai bentuk ikuti memeriahkan karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-65 di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan.

Pengamatan, ANTARA, Minggu pawai karnaval tidak hanya diikuti oleh kendaraan hias dari berbagai dinas, instansi, badan serta kantor namun juga dimeriahkan arak-arakan dari berbagai perwakilan sekolah dengan menggunakan berbagai macam pakaian adat.

Pemberangkatan peserta dimulai dari Alun-alun dengan mengelilingi jalan pusat kota yang berakhir terminal Nendagung kecamatan Pagaralam Selatan.

"Perayaan segala kegiatan dalam rangka menyambut HUT RI seperti pawai karnaval, gerak jalan dan beberapa perlombaan saat ini sengaja dimajukan karena mengingat puncaknya bertepatan dengan bulan Ramadhan," kata Sekda Kota Pagaralam, Ahmad Fachri, Minggu.

Dia mengatakan, kegiatan karnaval serta kegiatan lainnya berhubungan dengan HUT RI terpaksa dipercepat sebelum memasuki bulan puasa sehingga konsentrasi menjalankan ibadah rukun islam tersebut dapat lebih khusuk dilaksanakan tidak terganggu berbagaia kegiatan tersebut.

"Beberapa kegiatan yang akan digelar di Alun-alun berupa baris berbaris dan pawai keliling, tentunya akan menguras tenaga para peserta yang berpengaruh pada ibadah puasa, maka kita terpaksa majukan mulai dari tanggal 6 hingga 8 Agutus 2010 ini," ungkap dia.

Sementara, kata dia kalau untuk paripurna DPRD akan teap akan digelar pada tanggal 16 Agustus dan upacara kenaikan bendera tetap akan dilaksanakan tepat tanggal 17 Agustus 2010 nanti.

Lanjut dia, kegitan karnaval merupakan agenda terakhir dalam rangka menyambut perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini.

"Kita perlu menanamkan sikap kesadaran berbangsa dan bernegara termasuk meningkatkan rasa persatuan bangsa agar Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI) akan utuh selalu," katanya.

Sementara itu Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Abdul Seoleh, mengatakan berbagai kegiatan yang dilakukan semunya berjalan dengan tertib dan lancar meskipun ada beberapa ruas jalan terpaksa ditutup.

"Memang pelaksanaan kegiatan dalam rangka HUT Republik Indonesia di Pagaralam berjalan dengan tertib dan lancar meskipun sempat membuat beberapa ruas jalan macet dan terpaksa dilakukan penutupan sementara. Namun demikia dengan dukungan semua pihak semua kegitan dapat berjalan dengan tertib dan lancar," tegasnya.(*)
(ANT-127/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010