Jakarta (ANTARA News) - Mantan pemain nasional, Sutan Harharah, telah ditunjuk sebagai Direktur Teknik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia sejak 1 Juli 2010. "Kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan kepada saya untuk lebih serius memperhatikan program pelatihan dan pengembangan pemain usia dini ini sangat menantang," kata Sutan Harharah dalam situs resmi PSSI, Minggu.

Sutan Harharah memiliki kewenangan untuk membuat, merancang, serta mengevaluasi program timnas walau kepercayaan dan tanggung-jawabnya yang lebih besar untuk pengembangan pada elemen-elemen pendukung Badan Pembinaan dan Pengembangan Usia Muda (BPPUM) PSSI.

"Inilah yang membedakan peranan Direktur Teknik yang pernah ada sebelumnya dengan saya sekarang ini. Dikaitkan dengan permasalahan dan tantangan yang kami hadapi sekarang ini dan ke depannya, maka fungsi dan peranan direktur teknik ini jauh lebih menonjol," ujarnya.

Penunjukan Sutan Harharah sebagai Direktur Teknik PSSI ini dikemukakan oleh Sekjen PSSI Nugraha Besoes pada Sabtu (7/8) malam, seusai menghadiri acara peluncuran kompetisi Divisi I dan penandatanganan kontrak kerja sama BLAI PSSI dengan dua sponsor pendukung.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri batal mengkontrak sejumlah pelatih asing untuk jabatan ini.

Sutan Harharah yang pada masa jayanya dikenal sebagai bek yang tangguh juga telah melakukan talent-scouting dengan Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, serta memberi saran atau masukan kepada pelatih timnas senior, Alfred Riedl.

Jabatan Direktur Teknik PSSI sebelumnya pernah diemban oleh Bernard Schum, Danurwindo, Jopie Lepel dan almarhum Iswadi Idris.

Namun, keempat direktur teknik terdahulu ini lebih banyak bersinggungan dengan timnas saja. Karena itulah Sutan Harharah merasa sangat tertantang dengan mengemban jabatan barunya sebagai Direktur Teknik PSSI ini.

Profil Sutan Harharah:

Tanggal lahir : Jakarta, 9 Agustus 1952

Istri : Hj.Magdalena S

Anak-anak : 1. Alma Pangeran Harhara (27), 2. Ciro Feraro Harharah (21), 3. Nayeem Frisa Harharah (19)

Karir pemain :

-Indonesia Muda

-Jayakarta

-Persija junior

-Persija senior

-PSSI, junior-selection-senior


Karir pelatih klub :

-Persija

-Persikabo Bogor

-Persikota Tangerang

-Persegi Gianyar

-PSMS Medan

-PSIS Semarang

-Semen Padang

Karir pelatih Timnas :

-PSSI "B"

-PSSI Selection

-Asisten pelatih Asian Games 1986.

Instruktur Pelatih :

-D Nasional

-C Nasional

-A Nasional

Lisense :

A Licence AFC

FIFA

DFB (Jerman).(*)
(T.T009/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010