Mexico City (ANTARA News) - Mexico, yang membebaskan diri dari Spanyol 200 tahun lalu, menginginkan tampil sebagai tim pertama yang mengalahkan juara dunia Spanyol itu pada laga persahabatan yang berlangsung di Azteca, Rabu pukul 2000 GMT (Kamis, 03:00 WIB).

Pertandingan itu merupakan bagian dari perayaan 200 tahun kemerdekaan mereka, sekaligus menandai pertandingan pertama Spanyol sejak mereka tampil sebagai juara Piala Dunia 2010, setelah di final mengalahkan Belanda 1-0 di Afrika Selatan bulan lalu.

"Mereka datang dengan kehebatan tim mereka. Kami harus mencoba mengalahkan mereka," kata pemain bertahan Celtic Efrain Juarez kepada wartawan, Senin.

"Mengapa tidak mencoba memimpikan kami dapat mengalahkan juara dunia sejak mereka meraih gelar itu?" katanya.

Spanyol, yang diharapkan tiba di Mexico City, Senin dinihari, tidak terkalahkan saat berhadapan dengan Mexico dalam tujuh laga sebelumnya, lima kali menang dan dua kali seri.

Mantan pelatih Mexico Enrique Meza bertanggung jawab memimpin tim itu sebelum menyerahkannya kepada Effrain Flores dalam laga persahabatan melawan Chile pada 14 September dan melawan Kolombia lima hari kemudian dan kemungkinan juga akan menjajal kekuatan Uruguay.

Kedua pelatih itu sementara menangani kekosongan pelatih sejak pelatih Piala Dunia Javier Aguirre mengundurkan diri setelah Mexico kalah 1-3 pada putaran kedua melawan Argentina di Johannesburg.

Setelah menyelesaikan laga persahabatan mendatang, kemungkinan, baru Federasi Sepak Bola Mexico mengumumkan pelatih mereka menyongsong Piala Dunia 20104.(*)

Reuters/A008/A023

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010