Jakarta (ANTARA News) - Pemutar musik digital disalahkan atas 17 kecelakaan setiap harinya di Inggris, sebagaian kelompok otomotif memperingatkan pengguna jalan agar tidak terlena dengan iPod.

Pejalan kaki dan pe-jogging seperti halnya pengemudi mobil dan pengendara sepeda berisiko menjadi zombie ketika terhubung ke teknologi modern, kata the AA.

AA mengatakan, kecelakaan disebabkan karena orang menggunakan pemutar MP3, ponsel genggam, dan perangkat elektronik, dan fenomena itu telah meningkat lima persen dari tahun lalu.

Catatan patroli memperlihatkan pejalan kaki yang tidak menghiraukan lalu lintas meningkat tajam ketika melintasi jalan raya yang padat.

Kadang-kadang pejalan kaki terlihat sedang memeriksa email ketika mereka berpapasan dengan mobil yang lewat.

AA juga melaporkan kecenderungan yang berbahaya saat melihat pengendara yang melanggar bahu jalan raya dan ke kanan ke kiri ketika menggunakan ponsel.

AA juga menyebutkan kasus pengendara motor terlena lantaran mendengarkan musik ketika sedang mengendarai mobil sehingga kurang memerhatikan.

Para ahli di Asuransi AA menghitung bahwa kurangnya perhatian (konsentrasi) pejalan kaki menyebabkan 17 kecelakaan dalam sehari dan tabrakan kendaraan telah meningkat lima persen pada tahun lalu.

Presiden AA Edmund King mengatakan: "Ketika bepergian otak kita mempunyai banyak hal untuk diambil dan penggunaan teknologi gadget berarti otak kita tidak bisa selalu berkonsentrasi pada banyak hal sekaligus.

"Kejadian ini, ketika kita terlibat dalam lalu lintas, tidak mendengar truk, atau melindungi perjalanan dari dunia luar.

"Kita tidak bisa menghentikan laju teknologi tetapi kita perlu menghentikan zombie-zombie pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengendara mobil beriPod.

'Baik untuk dua kaki, dua roda atau empat, terlalu banyak orang menderita karena terlena iPod ', demikian dilaporkan Daily Mail.

(Adm/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010