Jakarta (ANTARA News) - PT Medco Energi International Tbk (MEDC) mencatatkan kenaikan laba bersih sebesar 26,2 persen menjadi 12,1 juta dolar AS pada semester I-2010 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 9,6 juta dolar AS.

Direktur Keuangan Medco, D. Cyril Noerhadi dalam keterbukaan informasi pada Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis mengatakan, peningkatan laba bersih tersebut didorong oleh menguatnya harga minyak dunia serta dilaksanakannya pasokan gas perseroan di Indonesia berdasarkan perjanjian jual beli gas (PJBG).

Kontributor utama dari tingginya penjualan dan pendapatan usaha perseroan di semester pertama 2010, ia menyebutkan, tingginya harga rata-rata minyak dan gas yang terealisasi serta volume rata-rata penjualan minyak dan gas, sehingga penjualan minyak dan gas bersih perseroan naik menjadi 258,6 juta dolar AS dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp227,2 juta dolar AS.

"Peningkatan tersebut didorong oleh peningkatan harga jual rata-rata minyak dan gas serta peningkatan volumenya dengan harga rata-rata minyak mencapai 80,48 dolar AS per barel dan gas sebesar 3,56 dolar AS per mmbtu," paparnya.

Sementara, volume penjualan perseroan mencapai 55,49 juta barel per hari (MBOEPD), atau meningkat 3,6 persen dibanding periode yang sama di 2009.

Ia menambahkan, dari aktivitas usaha di periode tersebut, perseroan memperoleh kas bersih sebesar 6,9 juta dolar AS, dan dari aktivitas investasi sebanyak 50,8 juta dolar AS, sedangkan dari aktivitas pendanaan perseroan mendapatkan 60 juta dolar AS.(*)



(T.KR-ZMF/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010