Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginginkan kasus penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan oleh polisi Malaysia di perairan Bintan, Kepulauan Riau, diselesaikan secara baik-baik dan mengedepankan upaya diplomasi.

Hal itu dikemukakan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, ketika ditemui di Istana Negara, Jakarta, Minggu, setelah upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Djoko menyatakan telah melaporkan kejadian itu kepada Presiden sesaat setelah menerima kabar dari petugas di lapangan. Djoko menyampaikan hal itu kepada Kepala Negara melalui ajudan.

Menurut Djoko, instansi terkait sedang berusaha menyelesaikan masalah itu. Dari pihak Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Luar Negeri, sedang melakukan berbagai upaya supaya bisa membebaskan para warga negara Indonesia itu.

Djoko belum bisa memastikan siapa yang bersalah dalam kasus itu. Dia juga belum bersedia menyatakan apakah petugas KKP telah melanggar batas wilayah sehingga harus ditangkap oleh polisi Malaysia.

"Belum tahu prosesnya, lagi jalan itu. Ikuti prosesnya," katanya.
(F008/B010)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010