Jakarta (ANTARA News/Reuters) - Penjualan ponsel meningkat 13,8 persen menjadi 326 juta unit pada triwulan kedua tetapi harga jual rata-rata ponsel turun dari yang diharapkan di tengah persaingan yang ketat, perusahaan riset IT Gartner mengatakan pada Kamis.

Penjualan ponsel pintar naik 50 persen dan menyumbang 19 persen dari total pengiriman menurut data yang lebih terjangkau mengenai rencana mendorong lebih banyak konsumen mencoba perangkat itu.

"Meluncurkan sistem operasi yang telah diperbarui akan mempertahankan pertumbuhan kuat di ponsel pintar pada paruh kedua 2010 dan memacu inovasi," kata analis Gartner, Carolina Milanesi.

Ponsel Symbian Nokia memiliki 41,2 persen di pasar ponsel pintar, turun dari 51 persen pada tahun lalu karena berusaha untuk merubah portofolio, diikuti BlackBerry buatan Research in Motion' dengan 18,2 persen.

RIM kehilangan posisinya sebagai platform ponsel pintar terkemuka di Amerika Serikat karena Google Android, sebuah platform terbuka yang menjalankan operasi ponsel sejumlah produsen termasuk HTC Taiwan dan pembuat ponsel AS Motorola.

Sebagai pesaing RIM dengan pangsa pasar Amerika Utara, perusahaan Kanada didorong untuk mencari ke pasar lain seperti India dan Arab Saudi untuk pertumbuhan.

Namun tuntutan keamanan yang dibuat oleh beberapa pemerintah asing telah membuat RIM berada di pusat kontroversi internasional dalam beberapa pekan terakhir.

Android juga mendahului Apple untuk ponsel pintar paling populer ketiga dalam perangkat lunak sistem operasi secara global. Milanesi memperkirakan penjualan Apple akan kembali meraih sejumlah momentum pada paruh kedua seperti iPhone 4 terbaru memasuki penjualan di seluruh dunia.

Dia juga meramalkan bahwa Android akan menyusul RIM pada tingkat global pada akhir tahun.

Android berada pada 17,2 persen dalam pasar ponsel pintar pada kuartal kedua, dengan OS iPhone Apple mengambil 14,2 persen.

Di pasar telepon yang luas, pangsa pasar Nokia turun menjadi 34,2 persen dari 36,8 persen, sedangkan ditempat kedua Samsung sedikit meningkat pangsa pasarnya menjadi 20,1 persen dari 19,3 persen.

Mitra Korea Selatannya, LG Electronics, kehilangan pangsa pasar, tergelincir hingga 9 persen dari 10,7 persen, meskipun dengan potongan harga yang agresif. RIM dengan 3,4 persen dari total pasar ponsel, naik dari 2,7 persen.

Milanesi memprediksi tekanan kuat pada harga pada semester kedua tahun ini.

"Ketika Anda masuk ke Q4 (kuartal empat), persaingan akan begitu kuat ... hal-hal yang benar-benar mendapat perhatian," katanya.

Gartner terus perkiraan pasar pada 2010 tidak berubah. Ini mengharapkan pasar ponsel secara keseluruhan tumbuh sebesar 14 persen tahun ini, dan pasar ponsel pintar tumbuh sebesar 46 persen.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010