Yogyakarta (ANTARA News) - Jogja Galeri bekerja sama dengan Yayasan Bung Karno mengadakan pameran foto peristiwa, film dokumenter, dan benda kenangan dari 1945 hingga 1950 yang sebagian besar menceritakan sosok Bung Karno, proklamator kemerdekaan Indonesia.

Menurut salah seorang anggota tim kurator pameran itu, Giat Wahyudi di Yogyakarta, Kamis, pameran itu menyajikan foto di atas kanvas sehingga terjadi semacam kolaborasi antara dunia foto dengan seni lukis.

"Pameran foto dan flim dokumenter sejarah ini diadakan untuk mengenang sosok seorang proklamator dan pejuang kemerdekaan sekaligus untuk memeriahkan HUT Ke-65 RI," katanya.

Selain itu, foto bersejarah tersebut juga menceritakan tentang sosok Bung Karno dan Bung Hatta dalam aktivitas keseharian baik bersama masyarakat maupun dalam pemerintahan.

Foto-foto yang dipamerkan juga menyelipkan sebuah makna yang tersirat dari pesan dan semangat juang Bung Karno yang senantiasa berupaya mencapai kemerdekaan yang sesungguhnya.

Dia mengungkapkan foto-foto sejarah yang dipamerkan itu antara lain foto pasukan Jibaku yaitu foto yang menceritakan tentang pasukan berani mati yakni para prajuit pengawal Presiden Soekarno setelah Proklamasi.

Kemudian foto Bung Karno saat berinteraksi dengan para penjual rokok di kawasan Malioboro, serta foto Bung karno saat menengadah ke hadirat Tuhan, setelah pembacaan teks Proklamasi.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010