Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengapresiasi para pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2010 di kantor Kementerian Kesehatan di kawasan Kuningan, Jakarta.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang dan ini merupakan hasil dari kerja keras tim pembina Unit Kesehatan Sekolah(UKS)," kata Endang, kepada pers, di Jakarta, Kamis.

Pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2010 terdiri dari beberapa sekolah mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak(TK) atau Raudhatul Athfal(RA) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas(SMA) atau Madrasah Aliyah(MA) yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Banten, Jawa, Yogyakarta, Jambi, dan Lampung.

Endang yang ditemui dalam acara "Audiensi Pemenang Lomba Sekolah Sehat 2010 dengan Menteri Kesehatan", mengatakan, peran Puskesmas dalam menerapkan hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah juga tidak kalah pentingnya.

"Pelaksanaan UKS menekankan pada upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan kesuksesan," ungkap Endang.

Menurut Endang, dalam mewujudkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sudah harus dimulai dari lingkungan anak-anak.

Kata Endang, membentuk karakter anak harus dimulai sedini mungkin karena dengan demikian perilaku hidup bersih dan sehat akan tertanam hingga anak menjadi dewasa.

"Anak-anak dapat membawa perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah kedalam lingkungan keluarga di rumah,"ungkap Endang.

Selanjutnya, Endang mengatakan, para pemenang lomba sekolah sehat tingkat nasional 2010 agar bisa menjadi agen perubahan hidup bersih dan sehat minimal di lingkungan terkecil seperti keluarga.

"Para guru di sekolah juga harus memberikan contoh yang baik dalam menjalankan pola kehidupan bersih dan sehat," ungkap Endang.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010