Semarang (ANTARA News) - Anna Maria Megawati, istri pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John telah mengizinkan suaminya bernaung di Sasana Herry's Gym dibawah pemimpin Craig Christian yang selagus pelatih dan manajer.

"Saya memngizinkan Chris John melanjutkan kariernya di bidang tinju bersama dengan Craig Christian tetapi dengan syarat manajemen keuangan bersifat terbuka, baik soal sponsor, kontrak pertarungan, dan lain sebagainya," kata Anna Maria Megawati ketika dihubungi di Semarang, Kamis.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya bertemu dengan manajemen Chris John di Bali dan dihadiri oleh Zaenal Thayeb (promotor Chris John yang akhirnya mengundurkan diri) untuk membicarakan persoalan manajemen keuangan yang amburadul.

Akhirnya, kata mantan atlet wushu Jawa Tengah tersebut, Craig Christian berjanji akan bersikap transparan soal keuangan yang selama ini menjadi kendala hubungan antara dirinya dengan pelatih asal Australia tersebut.

"Ternyata kekisruhan selama ini ada pihak ketiga yang sengaja mengacu hubungan saya dengan manajemen Chris John. Sebenarnya saya tidak ingin mencampuri manajemen mereka tetapi karena selama ini Chris John yang sering dirugikan akhirnya saya harus tahu penyebabnya," katanya.

Ia menyebutkan, seperti saat melawan petinju Panama, Roinet Caballero, Januari 2008, secara pribadi Chris John harus mengeluarkan uang sendiri sebanyak Rp1 miliar, kemudian ketika persiapan melawan petinju Argentina, Fernando Saucedo, juga tidak ada kejelasan soal kontrak pertarungan.

Bahkan, kata dia, beberapa hari sebelum pertarungan melawan Fernando yang akhirnya batal karena Chris John mengalami cedera ternyata suaminya tidak pernah menandantangni kontrak pertarungan sehingga dirinya tidak tahu berapa bayaran yang bakal diterima suaminya dari pertarungan tersebut.

Menurut dia, transparasi keuangan ini berkaitan dengan pengenaan pajak yang harus dibayarkan Chris John. "Sebagai publik figur, Chris John selalu dikejar-kejar pajak penghasilan padahal selama ini bayaran yang diterima Chris John juga tidak jelas," katanya.

Ketika ditanya soal karier pertarungan suaminya selanjutnya, ibu dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut, mengatakan, dirinya tetap mengizinkan suaminya naik ring kembali selama masih mampu dan bisa.

"Saya kira saya dan keluarga akan tetap mendukung Chris John untuk melanjutkan kariernya di dunia tinju tetapi tentunya harus dengan keterbukaan manajemen," katanya.

Bahkan, kata dia, awal September mendatang, suaminya kembali menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, untuk persiapan pertarungan berikutnya.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010