Bogor (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Konstitusi, Prof Dr Mahfud MD, Sabtu dijadwalkan mengisi acara kuliah umum mahasiswa baru Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat.

Juru bicara IPB, Henny Windarti di Bogor, Kamis, mengatakan, Prof Mahfud dijadwalkan mengisi kuliah perdana mahasiswa pascasarjana yang akan dilangsungkan pada Sabtu.

Kuliah perdana Pascasarjana IPB rencananya akan diselenggarakan di Graha Widya Wisuda kampus IPB Darmaga, kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Prof Mahfud MD rencananya akan mengiai kuliah perdana pascasarjana IPB. Beliau menyatakan insya Allah bersedia hadir," ujar Henny.

Kuliah umum tersebut merupakan program tahunan Pascasarjana IPB dalam menyambut tahun akademik baru.

Kegiatan tersebut melibatkan semua mahasiswa baru pascasarjana baik program magister maupun program doktor.

Mahfud akan menyampaian paparan seputar dunia konstitusi, yang perlu diketahui oleh kalangan mahasiswa pascasarjana yang notabene sebagai lapisan elit terdidik.

Institut Pertanian Bogor merupakan pelopor program pascasarjana di Tanah Air. Sekolah Pascasarjana IPB merupakan yang tertua di Indonesia.

Minat masyarakat mengikuti perkuliahan di Pascasarjana IPB terbilang sangat tinggi, sehingga harus dilakukan seleksi ketat oleh IPB.

Per tahun, rata-rata sebanyak 750 hingga 800 mahasiswa baru diterima oleh Pascasarjana IPB.

Perkuliahan Pascasarjana IPB dimulai dengan pelaksanaan kuliah umum yang dipusatkan di Graha Widya Wisuda.

Tahun lalu, kuliah umum Pascasarjana IPB menghadirkan Prof Dr M Nuh, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kominfo.(*)
(ANT-053/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010