Balikpapan (ANTARA News) - Bergabungnya Aldo Bareto membawa energi yang sangat positif bagi Skuad Beruang Madu Persiba Balikpapan. Suasana latihan seperti Kamis (19/8) sore di Stadion Sudirman berlangsung penuh semangat meski sebagian besar pemain menjalankan ibadah puasa.

"Dia (Aldo) kan punya rekor, catatan prestasi yang sangat baik saat di Bontang PKT. Saya harap juga demikian saat bergabung bersama Persiba di sini," kata Junaidi, pelatih Persiba.

Aldo Baretto adalah penyerang yang meraih penghargaan Sepatu Emas musim lalu. Ia mencetak 19 gol selama musim 2009-2010 bersama Bontang FC, kendati jumlah gol Aldo hanya membantu Bontang FC tak terdegradasi musim itu. Laskar Khatulistiwa hanya bertengger di posisi ke-11 klasemen akhir atau di urutan terbawah papan tengah.

Setahun sebelumnya, saat berkostum oranye Persisam, ia meraih gelar pemain terbaik dan membawa Persisam juara Divisi Utama.

Aldo Baretto dikontrak satu musim dengan banderol Rp1,35 miliar. Jumlah itu menjadikannya pemain termahal yang dimiliki Persiba Balikpapan.

Dalam latihan Kamis sore, Bang Jun (demikian Junaidi akrab disapa) memberi menu penyelesaian akhir dan pertahanan. Empat penyerang maju menyerbu tiga bek dan satu kiper. Aldo membuktikan kelasnya dengan mencetak beberapa gol, termasuk dari sudut-sudut sempit.

"Tujuan lain latihan ini adalah pembentukan kembali rasa percaya diri, baik karena bisa mencetak gol ataupun bisa menahan tak terjadinya gol," papar Bang Jun.

Sementara itu, sepekan sejak kedatangan pemain Korea Utara Ahn Hyo-Yeon, Bang Jun, belum juga terkesan pada permainan gelandang serang itu. Termasuk dalam sesi latihan Kamis (19/8) di Stadion Sudirman, Balikpapan tersebut.

"Menurut saya Ahn belum mengeluarkan permainan terbaiknya sebagai pemain yang pernah berlaga di Piala Dunia," kata Bang Jun.

Persiba Balikpapan, tim yang berjuluk Beruang Madu ini sudah mengontrak 23 pemain, sudah termasuk tiga pemain asing yang dipertahankan dari skuad musim lalu, yaitu Mijo Dadic, Robertino Pugliara, dan Kim Yong Hee. Dengan direkrutnya Aldo, tinggal satu tempat bagi pemain asing.

Ahn Hyo-Yeon tengah memperjuangkan posisi itu.

Liga Indonesia mengizinkan satu klub memiliki 5 pemain asing dengan 3 bisa dimainkan sekaligus. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010