Berlin (ANTARA News/Reuters) - Juara dunia Sebastien Loeb memperkokoh posisinya dalam Reli Jerman setelah membuka jarak dengan lawannya lebih dari setengah menit pada hari kedua lomba Sabtu.

Pereli Citroen itu, sedang mengincar gelar dunia ketujuh, memimpin 35,7 detik di depan rekan setimnya Dani Sordo dari Spanyol dan dua menit 7.1 detik di depan rekannya dari Prancis Sebastien Ogier.

Loeb (36), yang berada di puncak klasemen sementara pereli, mengawali perlombaan hari kedua dengan memimpin 9.5 detik, kemudian melaju mulus setelah memenangi lintasan awal.

Pereli dari Finlandia, Jari-Matti Latvala, di urutan ketiga pada awal lomba hari kedua, melorot ke urutan keempat setelah mengalami masalah pada lintasan terpanjang (48 km) di Panzerplatte, di kawasan bekas tempat latihan militer.

Pimpinan tim Ford, Mikko Hirvonen, urutan kelima Jumat, terpaksa mundur pada SS13 karena mengalami masalah dengan sistem transmisi kendaraannya.

Sordo kehilangan banyak waktu pada lintasan terakhir, tertinggal sekitar 12 detik di belakang Loeb.

Perlombaan akan berakhir Minggu dan para peserta melakukan adu kecepatan di lintasan khusus "Circus Maximus" di Trier, kota paling tua di Jerman.

(A008/A011/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010