Pekanbaru (ANTARA News) - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Muhammad Nuh, melantik Prof Dr Ashaluddin Jalil sebagai Rektor Universitas Riau (UR) di Pekanbaru, Selasa.

Pelantikan berlangsung secara sederhana di Gedung Rektorat UR dan dihadiri sekitar 100 tamu undangan. Turut hadir di antaranya Gubenur Riau HM Rusli Zainal, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, hingga kalangan akedemisi di Riau.

Dengan pelantikan tersebut, Ashaluddin Jalil akan menduduki kursi Rektor UR selama empat tahun ke depan. Jabatan ini merupakan periode kedua baginya.

Dalam pidato sambutannya, Mendiknas meminta agar UR terus meningkatkan kualitas pendidikannya sebagai salah satu universitas terbaik di Sumatera. Muhammad Nuh juga meminta agar UR memberikan kesempatan yang lebih besar kepada anak yang tak mampu untuk mencapai jenjang perguruan tinggi.

"Universitas Riau diharapkan jadi pintu dan jendela bagi para `mustahik` atau orang yang tak mampu. Jangan sampai masyarakat di sekitar Universitas Riau tertutup masa depannya karena tak bisa mendapat akses untuk pendidikan di perguruan tinggi," ujarnya.

Selain itu, Mendiknas juga meminta UR untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi para dosen. Menurut data Kemendiknas, lanjutnya, baru 9,8 persen dari total 1.019 dosen di UR yang telah mengenyam pendidikan S3.

"Infrastruktur penting, tapi ada yang lebih penting lagi yakni dosen karena sebagai ruh dari perguruan tinggi," ujarnya.

Mendiknas juga meminta UR meningkatkan jumlah dosen berkualifikasi pendidikan S3 hingga 20 persen.
(T.F012/S018/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010