Jakarta (ANTARA News) - Olahraga kuno Jepang, sumo, merangkul teknologi tinggi terbaru, dimana badan pengatur olahraga itu akan mendistribusikan iPad Apple untuk para pegulat yang kesulitan dengan keypads kecil pada ponsel karena tangan raksasa mereka.

Asosiasi sumo mengatakan akan memberikan iPads kepada 51 "stables" atau klub pegulat Jepang, untuk membantu meningkatkan komunikasi antara pesumo yang di masa lalunya kehilangan informasi yang dikirim melalui fax atau telepon.

"Kami akan memberikan iPads terbaru untuk semua klub sumo untuk berkomunikasi dengan cepat, itu yang kita perlukan," kata wakil ketua asosiasi, Hiroyoshi Murayama, dikutip Reuters.

Tablet PC iPad, yang dijual mulai dari 48.800 yen (570 dolar) di Jepang, kemungkinan iPad yang dipilih karena banyak para pesumo tidak menggunakan komputer dan pegulat yang tidak lancar mengirim pesan pada ponsel karena tangan mereka yang besar, kata kantor berita Jiji.

Sumo sedang berusaha memperbaiki citranya setelah diguncang serangkaian skandal termasuk perjudian bisbol ilegal, penyerangan, dan penggunaan narkoba.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010