Jakarta (ANTARA News) - Perum LKBN ANTARA bekerjasama dengan Manajemen Pejaten Village Malls menggelar pameran foto dan peluncuran buku "The Other Side of Makkah" pada 26 Agustus-5 September di Pejaten Village Malls, kawasan Warung Buncit, Jakarta.

"The Other Side of Makkah adalah hasil perjalanan Maha Eka Swasta selama lebih dari 60 hari berada di Makkah pada musim Haji 1430 H," kata Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Syaiful Hadi kepada pers, di Jakarta, Jumat.

Buku "The Other Side of Makkah" karya fotografer Perum LKBN ANTARA Maha Eka Swasta, berisikan 138 foto yang memperlihatkan sisi lain kota Mekah.

Menurut Syaiful, catatan visual perjalanan Maha di Mekah tidak hanya merangkum Ka`bah dan jemaah hajisaja tetapi juga segala sudut Mekah dan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Syaiful mengungkapkan, segala perubahan kondisi Mekah mulai dari sepinya kota sebelum jamaah haji berdatangan ke kota itu sampai ramainya setelah kehadiran jamaah haji ada di buku ini.

"Mekah telah menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi masyarakat Muslim Dunia," ungkap Syaiful.

Selanjutnya, kata Syaiful, Mekah telah menjadi tempat umat muslim seluruh dunia berkumpul dalam peristiwa Idul Adha.

Menurut dia, Buku "The Other Side of Makkah" merupakan buku ke dua yang dihasilkan oleh wartawan ANTARA dan menggambarkan Mekah.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Maha menceritakan, bahwa pengambilan foto-foto yang dihasilkan merupakan karya dari perjalanan selama 66 hari di kota itu.

"Saya ingin menampilkan hal yang berbeda dari Mekah yg belum diketahui oleh masyarakat Indonesia secara keseluruhan," ungkap Maha.

Presiden Direktur Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya yang juga membawahi Pejaten Village Malls, mengatakan, suatu kehormatan bagi kami bisa berbagi dalam kesempatan yang sangat baik untuk memberikan hiburan bagi para pengunjung mall.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya pameran foto "The Other Side of Makkah," ungkap Ketut.(*)
(ANT-259/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010