Jakarta (ANTARA News) - Aktor Pong Hardjatmo memberikan kado berupa karangan bunga dan kentongan bambu kepada pimpinan DPR sebagai bentuk perhatian masyarakat kepada lembaga legislatif tersebut yang genap berusia 65 tahun.

Kentongan dan karangan bunga itu diserahkan Pong Harjatmo kepada Wakil Ketua DPR Pramono Anung di lobi Nusantara III Gedung DPR Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan tersebut aktor berusia 68 tahun tersebut memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada pimpinan DPR sekaligus mempertanyakan kinerja anggota DPR.

"Dari 560 anggota DPR berapa persen yang sudah menunjukkan kinerja baik dan berapa persen yang belum menunjukkan kinerja baik?" katanya.

Menurut dia, dari pemberitaan di media massa masih sering menyorot kinerja anggota DPR yang belum optimal, masih ada anggota DPR yang malas, tidak tidak pada rapat paripurna, atau tidur di ruang rapat paripurna.

Pramono mengatakan, menerima kritik tersebut sebagai masukan kepada lembaga DPR yang telah genap berusia 65 tahun pada 29 Agustus.

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan itu juga meminta kepada masyarakat untuk terus memberikan perhatian dan memantau kinerja DPR yang berusaha menjadi lebih baik.

Menurut dia, tugas utama DPR adalah tiga bidang yakni pengawasan, budgeting, dan legislasi dengan mitra kerja pemerintah dan elemen masyarakat.

"Dari tiga bidang utama tersebut persoalan legislasi yang masih membutuhkan perbaikan. Dari target legislasi pada 2010, hingga saat ini masih jauh di bawah target," katanya.

Soal persantase anggota DPR yang sudah memiliki kinerja baik dan belum baik, menurut Pramono, belum ada datanya, tapi kritik dari masyarakat akan menjadi masukan untuk memperbaiki kinerja DPR.

Dialog antara Pong Hardjatmo dan Pramono disaksikan beberapa orang petugas pengamanan dalam DPR.
(R024/B010)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010