New York (ANTARA News) - Mantan peringkat satu dunia Lleyton Hewitt menderita kekalahan terdini yang pernah dia alami di AS Terbuka ketika ia tersingkir dengan kekalahan 3-6 4-6 7-5 6-4 1-6 oleh petenis Prancis Paul-Henri Mathieu pada putaran pertama, Senin.

Petenis Australia, juara di Flushing Meadows pada 2001 dan unggulan 32, menunjukkan ketabahan untuk bangkit dari ketertinggalan dua set tetapi Mathieu menyusun kekuatan untuk merebut set penentuan dan meraih kemenangan setelah bermain selama tiga jam 39 menit.

Hewitt, yang menjalani operasi pinggul keduakalinya pada Januari, tampak tak berdaya ketika Mathieu memenangi dua set pertama dengan serentetan "winner" yang cemerlang.

Tetapi petenis Prancis itu mempunyai sejarah suka menyia-nyiakan situasi unggul - pada 2002 ia kalah pada pertandingan penentuan final Piala Davis setelah unggul dua set - dan Hewitt mulai berjuang untuk bangkit.

Petenis Australia itu menyelamatkan dua "break point" pada masing-masing dari dua servis game beruntun pada pertengahan set ketiga, salah satunya berhasil mendapat poin saat minta tayangan Hawk-Eye, yang semula memberi kesempatan Mathieu melakukan servis untuk menyudahi pertandingan saat kedudukan 5-3.

Mathieu, yang peringkatnya turun dari ranking tertinggi yang ia capai, 12, ke urutan 109 setelah serangkaian cedera, mulai goyah dan Hewitt memanfaatkan peluangnya, mematahkan servis untuk memenangi set ketiga namun tertinggal 2-4 pada set keempat.

Sekali lagi Hewitt bangkit dan ketika ia menggenapi empat game berturut-turut untuk memenangi set tersebut dan menyamakan kedudukan, penonton yang memadati Louis Armstrong Stadium merasakan kebangkitan yang sempurna.

Namun lagi-lagi, Mathieu seperti dilaporkan Reuters memantapkan diri pada saat-saat penting dan mematahkan servis lawannya dua kali untuk memimpin 4-0 sebelum meraih kemenangan dengan mematahkan servis ketiga kalinya ketika Hewitt melakukan kesalahan ganda.
9F005/B010)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010