"Pertumbuhan dan Kekuatan Investasi Asia" Mendorong Keputusan Ini, kata Kobayashi

     Jakarta, 31/8 (ANTARA) - Washington, DC dan Hong Kong, SAR Cina, 30 Agustus 2010 -- Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), anggota Kelompok Bank Dunia, hari ini meresmikan kantor perwakilan Asia, yang berlokasi di Hong Kong, SAR Cina dan Singapura, guna memperluas jangkauan lembaga tersebut di Asia, serta menandakan kuatnya pertumbuhan investasi di Asia dan oleh Asia.

     Kevin Lu, Chief Financial Officer dan Director of the Finance and Risk Management Group MIGA, akan mengepalai kantor perwakilan MIGA di Asia dan menjabat sebagai Direktur Regional untuk Asia-Pasifik. Lu akan didampingi oleh Hal Bosher, Senior Underwriter yang berbasis di Hong Kong, dan Ann Russell-Cook, Senior Underwriter yang berbasis di Singapura. Dalam menjalankan tugas, mereka akan dibantu oleh perwakilan regional MIGA, Chao Shen (di Beijing) dan Yashu Himeno (di Tokyo).

     "Ada dua hal yang mendorong MIGA untuk membuka kantor perwakilan di Asia," ungkap Izumi Kobayashi, Wakil Presiden Eksekutif MIGA. "Pertama adalah logistik: kami sekarang dapat lebih efektif melayani klien kami di Asia karena kami memiliki perwakilan di wilayah tersebut." Beliau menambahkan,"Tentu saja, pertumbuhan dan kekuatan investasi Asia juga merupakan motivasi utama."

     Sejak didirikan pada tahun 1988, MIGA telah mengeluarkan garansi senilai hampir $2 milyar untuk lebih dari 90 proyek di Asia, dengan nilai garansi mulai dari $118 juta untuk sebuah investasi di Filipina hingga kurang dari $200,000 untuk sebuah proyek di Cina. Dalam hal investasi ke luar Asia,dalam kurun waktu yang sama, MIGA telah mengeluarkan garansi senilai lebih dari $560 juta kepada investor Asia guna mendukung 30 proyek di luar Asia.

     Baru-baru ini, MIGA menandatangani nota kesepakatan dengan Japan Bank for International Cooperation dan Eximbank, Korea Selatan guna bekerja sama dalam mempromosikan investasi sektor swasta di negara-negara berkembang. Kesepakatan tersebut merupakan penambahan dari kesepakatan reasuransi yang ditandatangani antara MIGA dengan Nippon Export and Investment Insurance (NEXI) dari Jepang pada tahun 2009.

     Kevin Lu menambahkan, "Saat para investor Asia terus mematangkan strategi mereka, mereka mencari wilayah di luar batas-batas geografis mereka, seperti Afrika dan Amerika Latin. Hal tersebut sangat penting bagi MIGA karena kami dapat membantu para investor memitigasi risiko dan mengatasi isu-isu yang mungkin bleum pernah mereka temui sebelumnya." Beliau melanjutkan, "Selain itu, MIGA menekankan bahwa masih banyak potensi investasi yang dapat ditingkatkan di kawasan ini."

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ariavita Purnamasari Communications Analyst - IFC Indonesia, Indonesia Stock Exchange Building Tower 2, 9th floor, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190. Tel: +62 (21) 2994 8001 Fax: +62 (21) 2994 8002 Cell: +62 811 891 571 E-mail: Apurnamasari@ifc.org Web: www.ifc.org

IFC is a member of the World Bank Group

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010