New Delhi (ANTARA News) - India menambah jumlah bantuan kemanusiaan bagi korban bencana banjir Pakistan dari lima juta dolar AS menjadi 25 juta dolar, dan bantuan itu akan disalurkan lewat PBB, kata Menteri Urusan Luar Negeri India, S.M. Krishna, Selasa.

Kantor berita "Indo-Asian News Service" mengutip Menteri Krishna mengatakan di parlemen India bahwa pemerintah India telah memutuskan untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan kepada Pakistan tersebut.

"Di samping lima juta dolar, 20 juta dolar AS lagi akan dikontribusikan kepada Badan Tanggap Darurat Pakistan yang diluncurkan oleh PBB untuk koordinator urusan kemanusiaan," kata Krishna.

Menteri juga mengatakan lima juta dolar bantuan awal itu akan dikontribusikan kepada Badan PBB untuk Program Pangan Dunia dalam usaha bantuan di Pakistan, kata laporan itu.

India awalnya menawarkan bantuan kemanusiaan kepada Pakistan sebesar lima juta dolar menyusul gempa dahsyat melanda negara Asia Selatan tersebut.

Tawaran itu disampaikan oleh Menlu Krishna kepada timpalannya, Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi.

Selain India, sejumlah negara juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada Pakistan melalui PBB.

Hantaman banjir yang berlangsung selama sebulan itu, merupakan bencana banjir terburuk dalam sejarah Pakistan.

Lebih dari 1.600 orang tewas dan berdampak pada 20 juta penduduk kehilangan tempat tinggal serta merusak ribuan hektar hasil panen.

Xinhua/M043/B002

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010