Medan (ANTARA News) - Universitas Sumatera Utara mengirimkan sebanyak 29 dokter umum ke Kabanjahe guna memberikan layanan kesehatan kepada pengungsi korban bencana letusan Gunung Sinabung, kata Rektor Prof Syahril Pasaribu di Medan, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengirimkan berbagai bantuan sebagai rasa peduli civitas akademika USU terhadap pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung Minggu dinihari.

Beberapa diantaranya adalah dengan mengirimkan bantun tim medis dari Fakultas Kedokteran USU dan juga sandang pangan untuk para korban.

"Tim kesehatan ini terdiri sebanyak 29 dokter umum dan spesialis serta bantuan obat dan selimut juga makanan. Dengan bantuan itu diharapkan dapat meringankan penderitaan para pengungsi," katanya.

Dekan Fakultas Kedokteran USU Prof Gontar Siregar mengatakan, ke-29 dokter yang diberangkatkan ke Tanah Karo itu terdiri dari 15 dokter spesialis dan 14 dokter umum.

"Mereka juga didampingi sejumlah staf yang akan ikut membantu bersama tim yang sudah ada di Karo sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan, pengiriman bantuan tersebut merupakan salah satu perwujudan dari tridharma perguruan tinggi yaitu merupakan pengabdian dari sivitas akademika USU kepada masyarakat.

"Ini juga sebagai pelayanan kesehatan bagi para pengungsi akibat bencana letusan Gunung Sinabung sejak terjadi beberapa hari lalu," katanya.(*)

KR-JRD/Z003

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010