Moskow (ANTARA News) - Ekonomi Rusia tumbuh 4,0 persen dalam paruh pertama tahun ini, melanjutkan pemulihan dari krisis global, tapi ini sedikit di bawah perkiraan resmi, data menunjukkan pada Selasa.

Angka-angka dari kantor statistik negara berada di bawah perkiraan pertengahan Juli untuk pertumbuhan 4,2 persen pada semester pertama, menurut kementerian pembangunan ekonomi.

Data menunjukkan produksi industri naik 9,6 persen pada periode Januari-Juli dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena negara pulih dari perlambatan parah dipicu oleh krisis ekonomi global.

Tahun ini, perekonomian telah terkena kekeringan terburuk dalam beberapa dekade, dengan banyak perusahaan industri menutup toko atau mengurangi "shift" karena kebakaran mengamuk di barat Rusia, menelan Moskow dalam asap berbahaya.

Deputi Menteri Pembangunan Ekonomi Andrei Klepach mengatakan awal bulan ini bahwa kekeringan akan mengurangi setidaknya 0,7-0,8 persentase poin dari pertumbuhan 2010 karena panen Rusia terganggu oleh suhu ekstrem.

Kekeringan telah menghancurkan seperempat tanaman Rusia, mendorong pemerintah untuk melarang ekspor gandum.

Tahun lalu, ekonomi Rusia yang tergantung hidrokarbon terpukul oleh krisis ekonomi, menderita kontraksi ekonomi 7,9 persen setelah tumbuh 5,6 persen pada 2008.

Tetapi dengan pemulihan harga energi dan kinerja yang kuat di

kuartal kedua, pemerintah memperkirakan pertumbuhan 4,0 persen untuk semua 2010.

Awal bulan ini, Dana Moneter Internasional menempatkan pertumbuhan tahun ini di 4,25 persen dan 2011 sebesar 4,0 persen.

AFP/A026/A023

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010