Jayapura (ANTARA News) - Pembangunan asrama mahasiswa asal Kubupaten Pegunungan Bintang, Papua, di Kota Jayapura menelan dana Rp10 miliar lebih. Bupati Pegunungan Bintang Welington Wenda mengatakan di Jayapura, Rabu, pembangunan asrama ini merupakan upaya pemerintah setempat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia mahasiswa dan pelajar yang menuntut ilmu di Kota Jayapura.

"Pemerintah terus berkomitmen memajukan SDM mahasiswa dan pelajar sebagai generasi penerus pembangunan di daerah ke depan," katanya.

Ia menjelaskan, pembangunan dilaksanakan dalam tiga tahun sejak 2007 dengan dana awal Rp2,6 miliar untuk pembebasan lahan dan pembangunan pondasi.

Sedangkan tahap kedua tahun 2008 terpakai dana sebesar Rp5,6 miliar Rp5,5 miliar dan selanjutnya 2009 sekitar Rp1,9 untuk menyelesaikan gedung berlantai dua itu.

Selain menyediakan asrama pelajar dan mahasiswa, kata dia, gedung itu juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti perpustakaan dan ruang makan serta ruang belajar serta perabotan lainnya.

Asrama ini berisi 32 kamar yang bisa menampung 142 orang, katanya.

Ia berharap mahasiswa yang masuk asrama dapat memanfaatkan bantuan dan dukungan pemerintah daerah sehingga bisa lebih tekun belajar dan mencapai hasil yang baik dalam studinya.

Pemkab, kata Welingtong, juga sedang merenovasi bekas asrama Jayawijaya untuk menjadi asrama putri.(*)
(ANT-186/R007/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010